Malang, IP – Sejak 1980 hingga sekarang, WALHI (Wahana Lingkungan Hidup Indonesia) masih menjadi salah satu organisasi lingkungan hidup terbesar di Indonesia. Terbukti, WALHI telah memiliki 28 eksekutif daerah yang tersebar di beberapa provinsi dan terbagi menjadi lima region.
Sampai saat ini, WALHI terus berjuang agar semua orang bisa merasakan kondisi lingkungan yang baik. Meskipun kini zaman serba berorientasi kepada investasi, namun WALHI tetap mempertahankan keberpihakannya terhadap lingkungan.
Segala kegiatan WALHI bermuara kepada visi misi organisasi, mendorong pengakuan hak atas lingkungan hidup, serta dipenuhinya hak asasi manusia sebagai bentuk tanggung jawab dari negara.
Lewat program kegiatan yang telah dicanangkan, WALHI menjadi salah satu garda terdepan aktivis lingkungan yang langsung turun ke masyarakat. Begitu pula dengan WALHI Jatim, hadir sebagai salah satu eksekutif daerah yang memiliki fokus pengembangan di bagian ujung timur pulau Jawa.
Semangat dalam menciptakan lingkungan yang baik terkhusus di Malang Raya, WALHI Jatim juga terus melakukan kampanye serta advokasi secara berlanjut.
Dalam hal ini, Lila Manajer Kampanye dan Jaringan Publik WALHI Jatim mengatakan, WALHI sekarang berfokus terhadap pembagian segmen-segmen dalam menentukan sasaran kampanye. Misal untuk segmen masyarakat urban atau perkotaan, WALHI biasanya akan mengadakan sekolah ekologi secara rutin setiap tahunnya.
“Jenis-jenis kampanye ini kita sesuaikan, misalkan sasarannya teman-teman urban, komunitas atau kolektif, kita akan melakukan kampanye yang mungkin dekat dengan teman-teman muda, misalkan sekarang sering dengan model pameran atau diskusi yang bermodel cair daripada diskusi formal,” imbuhnya.
Sosial media juga dapat menjadi sebuah fasilitas bagi masyarakat urban atau perkotaan untuk menciptakan perspektif baru, bahwa berbicara tentang lingkungan tidak harus selalu yang berat. Tapi bisa menyasar dalam kehidupan sehari-hari Baca konten selengkapnya di Tabloid Inspirasi Pendidikan Edisi 111