TPA Talangagung Kepanjen, Wadah Edukasi Sampah Bagi Masyarakat

0
104

Kab Malang, IP – TPA Wisata Edukasi Talangagung terletak di Rekesan, Talangagung, Kec. Kepanjen, Malang. Hadirnya inovasi tersebut, dilakukan karena banyaknya peminat dalam pembelajaran pengendalian gas metan di TPA. Dari awal semacam itu, maka TPA Talangagung akhirnya dijadikan sebagai tempat edukasi lingkungan hidup di Kabupaten Malang.

Kabid Pengolahan Sampah dan Limbah B3 DLH Kab. Malang Renung Rubi menuturkan, pengunjung TPA Edukasi biasanya didominasi oleh masyarakat yang ingin belajar tentang sampah. Seperti misalnya manajemen pengelolaan sampah di TPA, hingga cara pengelolaan sampah yang ada di Kabupaten Malang.

“Masyarakat yang ingin belajar datang sendiri ke TPA tentang sampah. Selain itu kita berupaya untuk mengubah mindset pengunjung yang hadir, dengan cara melakukan sosialisasi tentang sampah,” ujar Renung
Ia kemudian menjelaskan, pembelajaran yang diberikan tidak hanya untuk masyarakat Lingkup Kabupaten Malang saja. Namun orang dari luar Malang yang berasal dari semua daerah juga bisa mengikuti pembelajaran.

“Tahun 2016 silam, Bupati Malang bersama dengan Menteri PAN (Pendayagunaan Aparatur Negara, red) menyetujui untuk di replikasi ke daerah lain. Dengan adanya penandatanganan persetujuan ini, kita harus siap menerima jika ada kunjungan dari daerah lain,” bebernya
Renung kemudian menambahkan, dengan adanya TPA Wisata Edukasi menciptakan efisiensi anggaran daerah. Hal ini karena masyarakat yang ingin belajar langsung datang menuju TPA, sehingga tidak harus diundang terlebih dahulu.

Selain itu pihaknya juga terbuka dengan berbagai pihak yang fokus pada bidang pendidikan, terutama mereka yang ingin melakukan penelitian mengenai sampah. Misalnya tentang pemanfaatan sampah menjadi gas metan.

“Kita tidak bisa menjawab terkait hasil penelitian, contohnya satu ton sampah apa benar bisa menghasilkan 21 ton gas metan. Itu perlu penelitian yang bisa dilakukan oleh Perguruan Tinggi atau anak SMA,” ungkapnya
Sebagai informasi, selain memberikan fasilitas berupa edukasi mengenai persampahan. Dalam TPA Wisata Edukasi Talangagung juga sudah memiliki brand produk, seperti tempe metan, kopi metan, hingga ubi metan. (was)