Stay At Home Oleh : Tanti Ratna Wulandari

0
117

DATA BUKU
Judul buku : “STAY AT HOME (Kumpulan Pantun Karya Siswa Siswi SD Negeri Laweyan No.54 Kota Surakarta”
Pengarang : Siswa Siswi SD Negeri Laweyan No.54 Kota Surakarta
Penerbit : CV. Bintang Brilian
Tahun terbit : 2020 Cetakan Pertama Maret 2020
Dimensi buku : vi, 35 halaman, 14,8 x 21 cm
C. ISI RESENSI BUKU
1. Sinopsis
Buku ini merupakan kumpulan pantun bertema “Virus Corona” hasil karya siswa siswi kelas 3 SD Negeri Laweyan No.54 Kota Surakarta, merupakan hasil belajar dari rumah selama Pandemi akibat Viris Covid -19 atau Virus Corona. Kumpulan pantun dalam buku ini disusun bersama oleh siswa kelas 3 dibawah bimbingan guru kelas. Buku ini sangat cocok untuk referensi bagi para siswa kelas 3 dan Guru Kelas 3 dalam mengembangkan inovasi pembelajaran khususnya dalam pembelajaran materi pantun Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia. Selain itu, pantun – pantu hasil karya anak – anak kelas 3 ini memuat pesan pendidikan karakter yang berorientasi pada pengembangan keterampilan abad 21, yaitu keterampilan berpikir kritis, keterampilan berpikir kreatif, keterampilan berkolaborasi dan keterampilan berkomunikasi.
2. Keunggulan Buku
Buku ini sangat bagus untuk bacaan anak – anak dalam mengenal literasi pantun serta mengenal apa itu virus corona dan bagaimana cara tetap hidup sehat di masa Pandemi Virus Corona. Buku kumpulan pantun ini berisi pesan – pesan moral pendidikan karakter bertema Virus Corona sehingga lebih menarik anak – anak untuk menyimaknya
3. Kelemahan Buku
Kelemahan buku ini, sebatas buku bacaan untuk kelompok umur tertentu saja. Kelemahan buku ini juga belum adanya testimoni atau contoh praktik baik dari tokoh anak – anak yang menunjukkan telah mempraktikkan hidup sehat di masa Pandemi Virus Corona
4. Rumusan, kerangka buku dan bahasa yang digunakan
Rumusan dan kerangka buku yang digunakan sudah baik kronologis, hal ini terlihat adanya kesinambungan dan koherensi antara bagian – bagian buku. Bahasa yang digunakan lugas dan mudah dimengeri, namun pada bagian teori – teori perkembangan anak ada sebagian struktur bahasa yang masih mengandung kata – kata sulit.
D. PENUTUP RESENSI BUKU
Buku ini ditulis sebagai rujukan bagi para siswa dan guru sebagai sumber belajar dalam memahami literasi pantun dan mengenal virus corona serta hidup sehat di masa Pandemi.

Loading...