Lima Kiat Merawat Tanaman Hias di Rumah

0
28
Ilustrasi tanaman hias di rumah.

Situasi pandemi seperti saat ini, masyarakat dianjurkan untuk tetap berkegiatan dari rumah. Mulai dari pekerjaan, hingga proses belajar di kampus maupun sekolah.

Namun seringnya berdiam di rumah, kadang membuat seseorang mudah bosan karena tidak adanya kegiatan yang bervariasi. Sebab itu, untuk menghindari rasa bosan, ada berbagai kegiatan yang bisa dijadikan hobi.

Salah satunya adalah merawat tanaman hias. Merawat tanaman hias tidak harus di lahan yang luas, tetapi juga bisa di pot dan bisa diletakkan di dalam rumah maupun di teras.

Selain menghilangkan rasa bosan, dengan merawat tanaman hias, kita juga bisa membuat rumah agar tampak cantik dan segar. Dengan adanya tanaman hias, akan membuat rumah terasa asri dan nyaman.

Merawat tanaman hias, sebaiknya tidak dilakukan dengan sembarangan. Mengingat setiap tanaman hias memiliki cara perawatan yang berbeda.

Lantas bagaimana cara merawat tanaman hias, agar bisa tumbuh subur dan sehat? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kiat-kiat merawat tanaman hias:

Penyiraman yang Cukup

Siram tanaman secukupnya, atau ketika dibutuhkan saja. Ternyata, menyiram air pada tanaman hias secara berlebih dapat menyebabkan akar membusuk. Sebenarnya, frekuensi penyiraman tanaman hias berbeda-beda tergantung musimnya.

Baca Juga: Kerajinan Keramik Dinoyo, Kerajinan Khas Kota Malang

Saat musim panas, sebaiknya sering menyiram tanaman karena tanah cepat kering. Sebaliknya, saat musim hujan siramlah tanaman sedikit lebih sering. Tetapi ingat, jangan berlebihan!

Media Tanam yang Tepat

Gunakan media tanam yang baik untuk tanaman hias milik anda. Sebaiknya pakailah media tanah, karena merupakan media terbaik.

Tanah menyediakan unsur hara yang sangat dibutuhkan untuk tanaman hias. Tentunya, pilihlah tanah yang berkualitas, jangan menggunakan tanah yang kering dan keras.

Memberi Pupuk

Pupuk sangat penting manfaatnya untuk tanaman hias. Manfaatnya adalah untuk menjaga tanaman hias dalam kondisi yang baik sepanjang musim, terutama musim panas.

Baca Juga: Pelukis Pemula Wajib Perhatikan Hal Berikut

Sebaiknya pakailah pupuk alami atau organik yang terbebas dari bahan kimia berbahaya. Anda bisa memakai pupuk kompos atau pupuk daur ulang.

Pencahayaan yang Merata

Tanaman sangat membutuhkan sinar matahari untuk proses fotosintesis. Bahkan tanaman hias yang kamu rawat di dalam rumah atau indoor juga terkadang membutuhkan sinar matahari secara langsung.

Tentu jangan diberikan secara berlebihan, karena sinar matahari berlebih bisa membuat tanaman kekeringan bahkan layu.

Kontrol Suhu dan Kelembapan

Pilihlah tanaman yang cocok dengan suhu rata-rata di tempat anda tinggal. Kalau tinggal di kota dengan suhu tropis, tentu jangan memilih jenis tanaman dingin.

Lalu pilih tanaman yang sesuai dengan kondisi tanah di tempat tinggal anda. Kalau tidak sesuai, tanaman bisa layu bahkan mati

Dari sini dapat disimpulkan, kalau merawat tanaman mudah dan seru. Tentu akan lebih menyenangkan kalau anda bisa menerapkan kiat merawat tanaman hias di pot ini secara langsung. (Betsy)

Baca berita selengkapnya di Tabloid Inspirasi Pendidikan