Pelukis Pemula Wajib Perhatikan Hal Berikut

0
43
Ilustrasi melukis bagi pemula. (Foto : Unsplash.com).

MELUKIS dapat menjadi salah satu alternatif kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang selama pandemi. Selain menyenangkan, melukis juga menjadi kegiatan yang bermanfaat dan produktif.

Banyak orang ingin belajar melukis. Namun bagi orang awam, biasanya akan kebingungan mempersiapkan berbagai hal untuk menunjang proses belajar.

Padahal alat dan bahan untuk melukis cukup mudah diperoleh, dan terdapat berbagai macam harga. Mulai dari yang terjangkau, sampai yang mahal.

Selain itu, seorang pemula yang ingin belajar melukis juga harus memperhatikan beberapa hal berikut. Tujuannya agar belajar melukis menjadi lebih efektif.

Pertama adalah dengan mengenali berbagai macam kuas yang akan digunakan untuk melukis. Karena kuas lukis banyak jenisnya. Cara untuk memilih rekomendasi kuas bagi pemula bisa dilihat di Youtube atau Google.

Baca Juga: Neo Kedaton, Tonjolkan Indonesian Food dan Arsitektur Kolaborasi Tradisi Jawa Modern

Kedua adalah mengenal dan memahami perbedaan warna. Hal ini bagi seorang pemula sangat penting, karena akan memudahkan ketika saat praktik belajar melukis.

Mengingat cat mempunyai banyak jenis, dan beberapa diantaranya akan berubah warna ketika mengering. Akan lebih baik mencoba terlebih dahulu beberapa jenis warna untuk, supaya paham hasil akhir warna tersebut saat mengering.

Ketiga adalah memilih kertas. Jenis kertas lukis ada banyak sekali. Bagi pemula, bisa memilih dan memakai kertas yang tipis karena harganya terjangkau.

Semakin tebal kertas yang digunakan, akan semakin mahal harganya. Selain itu, juga membutuhkan waktu yang lama dalam mengeringkan cat.

Hal penting yang wajib diperhatikan bagi pelukis pemula selanjutnya adalah mengerti Teknik Dasar Melukis. Pemula cukup bisa belajar teknik dalam mencampur warna atau teknik lifting.

Teknik lifting adalah teknik yang bisa digunakan untuk memperbaiki kekeliruan dalam lukisan. Jadi sementara, bagi pemula cukup menguasai teknis tersebut sebelum belajar teknik-teknik dasar lainnya yang mungkin terlalu sulit.

Baca Juga: Mengenal Budikdamber Aquaponik Solusi Bisnis di Masa Pandemi

Terakhir untuk meningkatkan keterampilan melukis tentunya dengan praktik melukis secara berulang.

Akan menjadi percuma banyak paham materi, namun tidak pernah dipraktikkan. Maka bagi pemula, bisa belajar materi melukis di Youtube sembari mempraktikkannya langsung.

Itu hanya sedikit cara yang bisa dilakukan jika ingin belajar melukis dan menjadikannya hobi untuk mengisi waktu luang di rumah.

Tidak hanya sebagai hobi, anda juga bisa memposting hasil karya lukisan melalui media sosial dan melakukan komersialisasi. Hal tersebut agar dapat menjadi penghasilan tambahan selama pandemi, tentunya lewat karya lukisan yang anda buat.(*)

Baca berita terlengkap di Tabloid Inspirasi Pendidikan