Bermain dan Belajar Gratis di Perpustakaan Anak Madani

0
269
anak-anak berusaha menghilangkan angka yang tertulis di kertas warna-warni. (Foto: Wahyu Setiawan/IP).

Malang, IP – Sudah sekitar empat bulan lamanya, bangunan bernomor 261 C di Jalan Sumbersari Gg 4 Kota Malang ramai akan aktivitas anak-anak. Ditemani oleh orang tuanya masing-masing, mereka asyik bermain sambil belajar.

Baca Juga:

Perpustakaan Anak Bangsa Ajak Masyarakat Gemar Membaca

Dunia Kreasi Citraloka, Eksis Beri Edukasi dan Literasi Masyarakat

Taman Baca Teras Literasi, Berliterasi Sambil Berkegiatan

Upaya Rukhan Mengembangkan Literasi Masyarakat Lewat TBM Teras

Memang, bangunan yang awalnya berfungsi sebagai tempat tinggal biasa ini, sejak Juni 2022 lalu telah beralih fungsi menjadi perpustakaan sekaligus rumah bermain bagi anak-anak di lingkungan sekitar.

Tempat itu kini dikenal sebagai Perpustakaan Anak dan Rumah Bermain Madani. Sebuah tempat edukasi yang membuka layanan belajar sambil bermain secara gratis.

Seperti Sabtu (29/10/2022) siang kemarin, enam anak tampak memainkan permainan menjadi pemadam kebakaran. Dengan membawa botol spray berisi air, mereka harus melewati setiap rintangan yang sudah disiapkan.

Pertama mereka harus melewati rintangan dari seutas tali dengan cara merangkak. Setelah berhasil, anak-anak harus melewati rintangan kedua berupa jembatan kayu.

Setelah itu, mereka mesti menyelesaikan tantangan terakhir, yakni menghilangkan angka yang tertulis pada kertas warna-warni dengan cara disemprot air menggunakan botol spray.

“Perpustakaan kita itu enggak yang fokus perpustakaan banget, kita kasih mainan agar menarik, jadi bukan mereka (anak-anak, red) diam, duduk dan membaca begitu,” kata Aulia salah satu Pendiri Perpustakaan Anak dan Rumah Bermain Madani.

Hal itu mengingat perpustakaan dikhususkan untuk anak-anak, sehingga pihaknya ingin menciptakan perpustakaan yang menyenangkan. Bukan perpustakaan yang terlalu kaku atau terlalu serius layaknya perpustakaan pada umumnya.

“Jadi lebih kepada perpustakaan yang menyenangkan, tempat bermain yang juga bisa membaca,” sambung Aulia saat Inspirasi Pendidikan temui di sela-sela kegiatan belajar dan bermain bersama anak-anak Baca berita selengkapnya di Tabloid Inspirasi Pendidikan