Awal Tercetusnya Hari Hutan Internasional

0
Ilustrasi Hutan yang Sehat (unsplash)

Hari Hutan Internasional diperingati setiap tanggal 21 Maret. Hari Hutan Internasional baru diresmikan pada tahun 2012 sesuai konvensi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB). Ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya semua jenis hutan.

Meski demikian, ide Hari Hutan Internasional sudah digagas sejak 1971 pada Sidang Umum Konferensi Organisasi Pangan dan Pertanian Eropa ke-23. Dilansir dari laman PBB, Peringatan Hari Hutan Internasional ini diharapkan agar negara-negara dapat melakukan upaya lokal, nasional, dan internasional untuk mengatur kegiatan yang melibatkan hutan seperti kampanye penanaman pohon.

Penyelenggara dari Hari Hutan Internasional adalah Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) bersama dengan pemerintah serta organisasi terkait lainnya. Tercetusnya Hari Hutan Internasional sendiri diawali oleh ancaman terhadap hutan dan ekosistem yang semakin terlihat jelas.

Baca Juga :

Rafflesia, Sang Padma Raksasa Langka dan Dilindungi

Sejarah Kelam Tragedi Sepak Bola Dunia

Tradisi Lisan Pentungan Sari dan Berek, Sumber Air Penyembuh Penyakit

Dilansir dari website nationaltoday, tercatat rata-rata 32 juta hektar lahan hutan hilang setiap tahunnya. Selain hutan, flora, dan fauna juga musnah. Perubahan iklim, emisi karbon yang tinggi, dan polusi merupakan tanda-tanda yang harus segera ditindak lebih lanjut.

Selama sesi Konferensi Organisasi Pangan dan Pertanian pada tahun 1971, para anggota mengusulkan agar tanggal 21 Maret diperingati sebagai Hari Kehutanan Dunia. Perayaan atau konferensi Hari Hutan Pertama (The First Forest Day) diadakan di Bali, Indonesia pada tahun 2007 di United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC).

Hari Hutan kedua diadakan di Polandia pada tahun 2008. Pada peringatan tersebut, ada lebih dari 900 peserta yang membahas perubahan iklim. Hari Hutan ketiga diadakan di Kopenhagen, Denmark. Kali ini jumlah pemangku kepentingan adalah 1.500 termasuk 500 anggota LSM.

Hari Hutan keempat diadakan di Cancun, Meksiko. Tema yang dipilih adalah ‘Time to Act.’ Hari Hutan yang kelima diadakan di Durban, Afrika Selatan yang dihadiri oleh lebih dari 1.000 orang dari 80 negara. Hari Hutan keenam diadakan di Doha, Qatar pada tahun 2012. Isu-isu seperti pembiayaan untuk adaptasi dan desertifikasi dibahas.

Menyusul enam kali perayaan Hari Hutan Internasional, Hari Hutan Internasional atau Hari Kehutanan Dunia (The International Day of Forests) dibuat di Majelis Umum PBB pada 28 November 2012 Baca konten selengkapnya di Tabloid Inspirasi Pendidikan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News