Markisa SDN Pesanggrahan 1, Penuhi Gizi Seimbang hingga Kuatkan Keakraban

0
Kegiatan Markisa (Mari Kita Sarapan) dilaksanakan setiap hari Selasa dimulai jam 07.00 pagi. (Foto: Wahyu Setiawan/IP)

Batu, IP – Anak didik di SDN Pesanggrahan 1 Kota Batu tidak hanya harus pintar secara akademik, tapi juga mesti memiliki tubuh sehat dan punya interaksi yang kuat antar siswa satu dengan siswa lainnya.

Baca Juga: 

Begini Strategi SDN Pesanggrahan 1 Bentuk Perilaku Cinta Lingkungan

Terapkan Blue and Green Economy, SMKN 2 Turen Daur Ulang Sampah Elektronik

Situasi semacam ini coba dibentuk oleh SDN Pesanggrahan 1 dengan menggalakkan Markisa (Mari Kita Sarapan).

Kepala SDN Pesanggrahan 1 Kota Batu Eni Wahyuningsih menyampaikan, latar belakang terbentuknya program Markisa karena banyak ditemui anak-anak yang tidak sarapan pagi. Padahal sarapan pagi sangat penting demi mendukung kegiatan belajar mengajar.

“Ini juga merupakan tindak lanjut dari apa yang disampaikan bapak PJ Wali Kota Batu, karena saat pertama kali menjabat, beliau sempat keliling ke beberapa sekolah, di sana ternyata banyak ditemui anak-anak yang tidak sarapan pagi,” kata Eni.

Ia lalu bercerita, temuan tersebut lantas disampaikan kepada kepala sekolah di Kota Batu, pihaknya pun mengambil langkah cepat dengan membentuk program Markisa di SDN Pesanggrahan 1.

“Saat pertama kali (temuan) disampaikan, saya langsung mengambil tindakan, jadi tidak sampai satu minggu usai pertemuan, kita langsung melaksanakan kegiatan ini dan berjalan sampai sekarang,” tegasnya.

Program ini Eni sendiri yang menamai dengan nama Markisa, karena kebetulan tanaman Markisa menjadi ikon SDN Pesanggrahan 1 untuk maju menjadi sekolah adiwiyata.

Pada pelaksanaannya, Markisa selalu terlaksana setiap hari Selasa sebelum pembelajaran. Kegiatan ini sekarang dilakukan dengan mengumpulkan seluruh siswa di halaman sekolah. Karena selain untuk memenuhi gizi seimbang, tujuannya juga untuk menumbuhkan keakraban antar siswa.

“Awalnya kita adakan per kelas, sekarang sejak sekitar 4 bulan yang lalu kita adakan di halaman, tujuannya agar adik-adik kenal sama kakak-kakak kelasnya atau sebaliknya, sehingga suasana kekeluargaan dan keakraban bisa terbentuk” ucap Eni Baca konten selengkapnya di Tabloid Inspirasi Pendidikan Edisi 113

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News