Kab Malang, IP – Perubahan signifikan tengah terjadi dalam bidang pendidikan dan teknologi di Indonesia. Penerapan Kurikulum Merdeka yang mengintegrasikan teknologi digital menunjukkan potensi besar dalam meningkatkan keterlibatan dan hasil belajar siswa.
Dengan begitu, perkembangan teknologi dalam dunia pendidikan tidak bisa dihindari. Hal ini menuntut kalangan pengajar untuk memanfaatkan dan menyesuaikan dengan metode pembelajaran mereka terutama pada literasi bagi siswa.
Baca Juga :
Perlunya Perhatian Lebih terhadap Literasi Anak-anak Sekolah Dasar
Peran Guru Hadapi Kemajuan Teknologi dalam Pendidikan Sekolah Dasar
Stikmend Maestro: Inovasi Olahan Mendol Unik dari SMKN 12 Malang
Ahmad Irfan selaku Koordinator Guru Penggerak Kabupaten Malang menekankan peran vital teknologi dalam dunia pendidikan. Teknologi memberikan akses yang lebih luas dan fleksibel kepada sumber-sumber referensi yang relevan, dapat dijadikan sebagai sarana pembelajaran inovatif, dan mempermudah interaksi (belajar dan bekerja secara kolaboratif).
“Jadi apakah dengan adanya pemanfaatan teknologi pada pendidikan akan meninggalkan cara literasi tradisional? Tentu saja tidak, seperti di tempat saya mengajar yaitu SDN 2 Ngasem, kedua hal ini memiliki kelebihan yang saling melengkapi untuk memenuhi kebutuhan belajar,” tegasnya.
Dalam era digital ini, kata Irfan, aksesibilitas pendidikan telah meningkat secara signifikan. Teknologi telah membuka pintu bagi siswa yang sebelumnya terbatas oleh geografis, jarak, atau keterbatasan fisik. Dengan adanya internet, siswa sekarang dapat mengakses sumber daya pendidikan dari seluruh penjuru dunia..Baca konten selengkapnya versi cetak di Tabloid Inspirasi Pendidikan Edisi 135