Lahirkan Mahasiswa Seperti Sosok Ibnu Sina, UIN Malang Bangun Gedung Bait Tahfidz Al-Quran

0
95

Malang, IP – Beberapa waktu lalu Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim (UIN Maliki) Malang baru saja meresmikan Gedung Bait Tahfidz Al-Quran dan Moderasi Beragama.
Kendati Malang Raya masih dalam fase PPKM, giat tersebut terlaksana secara daring melalui zoom meeting dan disiarkan langsung via youtube.
Diketahui, dalam peresmian Gedung bernama KH Bisri Mustofa itu, UIN Maliki Malang sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan Gedung Sport Center Kampus III.
Mantan Rektor UIN Maliki Malang, Prof. Dr. H. Abdul Haris, M. Ag mengungkapkan, dengan berdirinya Gedung KH Bisri Mustofa sebagai Bait Tahfids Al-Quran dan Moderasi Beragama, maka pihaknya telah berhasil mewujudkan Kampus Ulul Al-Bab.
Nantinya melalui gedung tersebut, dirinya menuturkan ingin membentuk tenaga kesehatan seperti dokter dan juga apoteker yang memiliki kedalaman spiritualitas, keagungan akhlak, keluasan ilmu, dan kematangan profesional.
“Tidak hanya pendidikan di kampus yang selalu diperhatikan, namun juga keseharian mahasiswa termasuk mendorong mereka agar menjadi hafiz dan hafizah,” kata Abdul Haris
Sehingga mendatang sosok mahasiswa yang bisa menjadi sosok pelopor seperti Ibnu Sina di dunia kesehatan, diharapkan dapat terlahir untuk memberikan manfaat bagi masyarakat.
Menurut Abdul Haris, KH Bisri Mustofa dipilih menjadi nama gedung karena sosoknya yang inspiratif. Mengingat (alm) KH Bisri Mustofa adalah pendiri Pondok Pesantren Roudhotut Tholibin dan dikenal sebagai pendidik, budayawan, dan politisi bangsa.
“Sudah banyak karyanya yang fenomenal digunakan secara luas untuk mendidik kaum muslim di negeri ini, seperti Tafsir Al-Ibriiz dengan makna Jawi,” paparnya
Sebelumnya pembangunan sudah dimulai Mei 2020 dengan pelatakan batu pertama. Kemudian telah selesai pembangunan satu lantai pada Juli 2021.
Sedangkan untuk lahan yang digunakan berada di Kampus III Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) UIN Maliki Malang, dengan luas bangunan 1723 meter persegi.Dalam kegiatan virtual tersebut juga turut dihadiri oleh sejumlah tokoh politik,
dan civitas akademik. Mereka adalah Menteri Agama KH. Yaqut Cholil Qoumas, dan Ketua DPR RI Dr. Puan Maharani.
Kemudian KH. Agoes Ali Masyhuri Pengasuh Pesantren Bumi Sholawat Sidoarjo, Drs. KH. Marzuki Mustamar, M.Ag Ketua PWNU Jatim, serta KH. Bisri Adib Hattani Wakil Keluarga (alm) KH. Bisri Mustofa.