Ekspresikan Diri dengan Bebas Melalui Self Photo Studio

0
2378
self photo studio

Dalam hidup, pasti terdapat momen kebersamaan dan saat-saat bahagia yang rasanya penting untuk diabadikan dan sayang sekali jika harus dilewatkan begitu saja. Salah satu cara yang sering kali digunakan untuk menga­badikan momen-momen berharga adalah dengan foto studio bersama. Selain untuk mengabadikan momen, foto studio juga dapat menjadi media untuk mengekspresikan diri.

Namun sayang, adanya fotografer di studio foto terka­dang membuat kita memiliki keterbatasan ekspresi dan bergaya jadi tidak bebas. Dengan adanya keresahan itu, maka terciptalah suatu konsep bernamakan self photo studio. Self photo studio adalah suatu konsep layanan jasa yang menyediakan studio untuk berfoto namun tanpa adanya fotografer.

Tetapi di sana telah tersedia alat berupa kamera yang pro­per beserta layar monitor dan shutter clicker yang nantinya akan dipegang dan ditekan oleh pengunjung untuk me­reka mengambil gambarnya sendiri.

Baca Juga : Ianpylok, Lewat Karya Ungkap Keresahan

Konsep foto ini awalnya marak dijumpai pada a­­khir­ 2021 di Korea Selatan. Namun, kini kita tak lagi harus jauh-jauh ke luar negeri untuk bisa merasakan sensasi berfoto bebas tanpa fotografer. Sebab konsep self photo studio te­ngah menjadi trend dan banyak didirikan di Indonesia, bahkan di Kota Malang.

Saat ini di Kota Malang telah berdiri tiga studio yang menggunakan konsep self photo. Antara lain The Self Studios yang bertempat di Jalan Soekarno Hatta No. 44B, Ico­nic Self Photo di Jalan Kepundung No. 4, dan juga Fotofoto Studio di Jalan Soekarno Hatta No. 7.

Sebelum datang untuk berfoto, pengunjung dianjurkan untuk melakukan reservasi untuk menentukan sesi, tanggal, dan waktu di website yang tertera dalam bio instagram dari masing-masing studio tersebut. Jika reservasi telah selesai dilakukan, pengunjung bisa mendatangi studio sesuai dengan sesi yang dipilihnya.

Baca Juga : Pengunjung Hanya Ramai di Koridor, Pokdarwis Kayutangan Gelar Event

Masing-masing sesi dipatok dengan waktu selama 15-20 menit untuk foto dan 10-15 menit untuk pemilihan foto yang akan dicetak. Saat ditanya mengenai perasaan setelah mencoba self photo studio, Faiq, Galuh, dan Dena kompak menyatakan bahwa pengalaman foto tersebut sangat menyenangkan.

Galuh menyatakan bahwa dirinya senang bisa mencoba self photo studio karena konsep ini dinilai unik dan hasilnya tak kalah bagus dari foto studio oleh fotografer. “It was fun!! senang bisa coba self studio, hasil fotonya juga bagus. Apalagi buat kenang-kenangan, mengabadikan momen, dan seru-seruan sama teman,” tambah Dena.

Baca Juga : Thrifting, Trend Fashion Hemat dan Upaya Kurangi Sampah Tekstil

Selain menyediakan studio berkonsep foto sendiri, ketiga self photo studio yang ada di Malang juga sama-sama memberikan hasil foto berupa softfile dan juga hasil fisik berupa cetak gambar di kertas foto dengan berbagai grid dan template. Dalam studio itu pun tersedia background dengan ber­bagai macam warna dan pro­perti untuk menunjang ke-estetikkan foto.

“Seru banget karena kita bisa memilih tema background dan tersedia properti juga. Tempatnya rapi, bersih, dan disediakan camilan dan minuman untuk pengunjung yang datang agar saat menunggu antrean tidak bosan,” ungkap Faiq.

Sebagai penutup, Faiq, Galuh, dan Dena menyampaikan agar pengunjung harus me­nyiapkan M-banking atau kartu Debit sebelum melakukan sesi foto, karena studio tersebut hanya menerima pembayaran secara cashless. (Piscella Kusuma).