Permudah Hafalan Surat Pendek, SDN Sumberpucung 6 Galakkan Jumat Mengaji

0
170
Dokumentasi kegiatan Jumat Mengaji di SD Negeri Sumberpucung 6 Kabupaten Malang. (Foto: Ist/IP).

Kab Malang, IP – Guna meningkatkan keimanan, ketakwaan dan kedisiplinan siswa, SDN Sumberpucung 6 membiasakan siswa mengaji setiap Jumat pagi.

Program ini lantas dikenal sebagai Jumat Mengaji, yang terlaksana dari pukul 06.30 sampai 07.00 sebelum jam pelajaran berlangsung.

Baca Juga:

Farel Akasa, Dalang Cilik Asal Singosari yang Berprestasi dan Tetap Mengaji

Tanamkan Karakter, SDN 1 Dilem Kepanjen Gunakan Lagu Toto Kromo

Pentingnya Pendidikan Karakter

Kepala SDN Sumberpucung 6 Aries Soviana menuturkan, Jumat Mengaji merupakan program baru dan sebelumnya belum ada di SDN Sumberpucung 6.

“Di sini sebelumnya untuk program Jumat Mengaji belum ada, saya punya inspirasi, meskipun dari sekolah umum tapi tetap diharapkan anak-anak hafal surat pendek,” ucap Aries.

Selain itu, tujuan program ini juga untuk memudahkan para siswa dalam menghafal surat pendek. Meskipun, notabene mereka bukan berasal dari pondok pesantren.

Jumat Mengaji menjadi penting, terutama bagi siswa laki-laki. Sebab ketika mereka ditunjuk menjadi imam, siswa laki-laki bisa hafal dan bisa membaca surat pendek dengan lancar.

“Awalnya saya ingin Surat Yasin sama istighosah takutnya anak-anak yang kecil belum bisa, jadi saya fokuskan di Juz ‘Amma (Al-Quran Juz ke-30, red) terlebih dulu,” imbuhnya.

Akan tetapi, lanjutnya, pembiasaan membaca Surat Yasin dan istighosah mendatang bakal tetap dilaksanakan hanya pada event-event tertentu.

“Saya inginnya kelas besar saja yang Surat Yasin dan istighosah,” imbuh Aries saat Inspirasi Pendidikan temui Baca berita selengkapnya di Tabloid Inspirasi Pendidikan