UM SUPER Dukung Mahasiswa dan Keluarga Kembangkan Usaha

0
36
Sosialisasi program UM SUPER di Aula Gedung Kuliah Bersama (GKB) A20 Lantai 9, Kamis (5/1/2023). (Foto: Humas UM).

Malang, IP – Mendukung mahasiswa dan keluarganya yang memiliki wira­usaha, Universitas Negeri Malang (UM) menciptakan program UM Student-Pa­rent Entrepreneur (UM SUPER).
Wakil Rektor I UM Prof Dr H Ibrahim Bafadal MPd menyebutkan, program UM SUPER diprakarsai oleh Rektor UM (Prof Dr Hariyono MPd).

Latar belakang terbentuknya program UM SUPER karena banyak mahasiswa UM yang terlambat membayar UKT. Usai dikaji, keterlambatan ini terjadi karena banyak ditemukan orang tua mahasiswa yang berwirausaha mene­ngah ke bawah.

Baca Juga :

Implementasi Zero Waste, Mahasiswa UM Ubah Limbah Belotong Tebu jadi Kit Media Tanam

Mahasiswa UB Kenalkan Perusahaan Rintisan di Forum B20

Karenanya menurut Prof Ibrahim, Rektor UM ingin usaha yang orang tua dan para mahasiswa jalankan dapat berkembang dengan baik. Terlebih, bisnis tersebut nantinya dapat dilanjutkan oleh putra-putrinya yang sedang berkuliah di UM. Sebab itu penanaman jiwa kewirausahaan bagi mahasiswa UM juga perlu dilakukan.

Ia memandang bahwa jiwa kewirausahaan mahasiswa dari fakultas mana pun perlu untuk terus ditingkatkan. Meski tidak selaras dengan program studi yang sedang ditempuh, namun jiwa entrepreneur mesti ada guna me­ningkatkan kualitas diri mahasiswa.

Prof Ibrahim lantas berharap, program UM SUPER dapat membantu usaha para keluarga mahasiswa untuk tumbuh, berkembang, serta menjadi usaha yang profesional dan memiliki manajemen terbaik.

Senada, Wakil Rektor II UM Prof Dr Puji Handayati SEAk MM menilai program tersebut sebagai bentuk kepedulian UM terhadap mahasiswa dan keluarganya. Menurutnya, UM SUPER merupakan upaya untuk mengubah diri menjadi lebih baik.

Mahasiswa diharapkan dapat membuang pola pikir karyawan yang hanya menuruti perintah dan diganti de­ngan pola pikir yang berani menjadi pe­mimpin.

Oleh sebab itu, Prof Puji tidak ingin mahasiswa UM sibuk melamar pekerjaan di perusahaan lain. Padahal ada perusahaan yang berpotensi untuk dikembangkan dengan baik di rumah masing-masing.

Untuk menyukseskan UM SUPER, UM melakukan mitra dengan lima bank. Yakni Bank Jawa Timur (Bank Jatim), Bank Rakyat Indonesia (BRI), Bank Negara Indonesia (BNI), Bank Tabungan Negara (BTN), dan Bank Mandiri Baca konten selengkapnya di Tabloid Inspirasi Pendidikan