Pamerkan Batik Lewat Fashion Show di Heritage Kayutangan

Apresiasi karya batik tulis para siswi SMP Kristen 1 YPK Malang dalam fashion show bertema "Kartini dalam Batik". (Foto: Wahyu Setiawan/IP).

Malang, IP – Kartini yang diperingati setiap tanggal 21 April, kali ini dijadikan momentum untuk mengapresiasi karya batik tulis para siswi SMP Kristen 1 YPK Malang yang beralamat di Jl. Kelud 14 Malang melalui fashion show bertema “Kartini dalam Batik”.

Baca Juga: 

Peringati Hari Kartini Siswa SD Mainkan Drama Kesetaraan Gender

Bentuk Karakter Siswa Melalui Batik Tulis Turi Gumantung

Ramah Lingkungan, SDN Lowokwaru 1 Maksimalkan Pemanfaatan PLTS

Dari Berjalan, Siswa Diajak Hayati Filosofi Hidup

Acara tersebut dikoreografi oleh Paguyuban Kakang Mbakyu Kota Malang dan dilaksanakan di Kawasan Heritage Kayutangan, Kauman, Kota Malang dan dihadiri oleh para siswa, guru, serta bintang tamu.

Dalam acara tersebut, para siswi SMP Kristen 1 YPK Malang yang telah mempelajari teknik batik tulis selama dua semester. Mereka memperlihatkan hasil karyanya dalam rangkaian fashion show yang menakjubkan.

Tak hanya itu, mereka juga berhasil menciptakan desain-desain yang unik dan indah, menggabungkan unsur-unsur tradisional dengan gaya modern yang inovatif.

Pada acara tersebut pula, dihadirkan 1st Runner Up Miss Teen Star Indonesia 2022 Elizabeth Natalia Indah dan Juara 1 Fashion show army di Matos Princess Carissa Shalom kelas 6 SD Shining Star yang turut memeriahkan acara dan memberikan semangat pada para siswi SMP.

Natalia mengatakan bahwa ini adalah kesempatan yang luar biasa bagi para siswi untuk menunjukkan kreativitas mereka dan mengapresiasi keindahan batik sebagai warisan budaya Indonesia yang perlu dilestarikan.

“Melalui ajang fashion show ini, saya berharap para siswi SMP Kristen 1 Kota Malang dapat terus mengembangkan bakat dan kreativitas mereka, serta terus memperjuangkan kesetaraan gender, seperti yang dicontohkan oleh R.A Kartini,” ujar Natalia.

Acara tersebut juga dihadiri oleh para orang tua dan keluarga siswi, serta masyarakat umum yang turut memberikan dukungan dan apresiasi pada karya-karya yang dipamerkan.

“Kami sangat bangga melihat karya-karya batik tulis yang dihasilkan oleh anak-anak kami. Mereka telah bekerja keras dan kreatif dalam menghasilkan desain-desain yang indah dan unik. Kami berharap mereka dapat terus berkembang dan menghasilkan karya-karya yang lebih baik lagi di masa depan,” ujar salah satu orang tua siswi.

Peringatan Hari Kartini ini tidak hanya menjadi momentum untuk mengingat jasa-jasa Kartini dalam memperjuangkan hak-hak perempuan, tetapi juga sebagai kesempatan untuk mengapresiasi keindahan budaya Indonesia dan mengembangkan kreativitas para siswa. Semoga acara seperti ini dapat terus dilaksanakan dan memberikan inspirasi pada generasi muda Indonesia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News