Upgrade Kompetensi Guru, Demi Pristifona Gagas Lentera Penggerak Pendidikan

0
175
Demi Pristifona, Guru SDN Sumberpucung 9 Founder Komunitas Lentera Penggerak Pendidikan. (Foto: Wahyu Setiawan/IP).

Kab Malang, IP – Mengemban visi memfasilitasi guru seluruh nusantara mengupgrade kompetensi, Demi Pristifona membentuk komunitas Lentera Penggerak Pendidikan. Komunitas ini ia dirikan sejak satu tahun yang lalu.

Baca Juga:

Permudah Hafalan Surat Pendek, SDN Sumberpucung 6 Galakkan Jumat Mengaji

Guru Makin Hebat dengan Kolaborasi Orang Tua

Komunitas Preman Mengajar Mantan Preman Pun Tebar Manfaa

Demi bercerita, latar belakang pendirian komunitas karena ia sering diundang oleh kementerian. Maka dari itu, dia ingin menularkan ilmu yang sudah didapatkan lewat Lentera Penggerak Pendidikan ini.

Caranya dengan menyampaikan kepada guru lain agar bisa mengupgrade kompetensi yang mereka miliki.

“Mubazir rasanya kalau tidak kita sosialisasikan ke teman-teman (guru, red), karena kesempatan untuk ke kementerian itu tidak semua orang memiliki. Kalau kita pendam sendiri tidak akan bermanfaat,” imbuhnya.

Selain itu, hadirnya Lentera Penggerak Pendidikan adalah untuk menjembatani perubahan pendidikan ke paradigma baru. Yakni adanya transformasi digital, terutama dalam hal pembelajaran.

“Paradigma pendidikan yang sudah mulai berubah dari yang dulu, transformasi digital itu berusaha kita jembatani,” papar salah satu guru di SD Negeri Sumberpucung 9 ini.

Usaha tersebut pihaknya lakukan dengan mengumpulkan para guru yang sudah berkompeten di bidangnya masing-masing. Mereka lantas akan berbagi praktik baik lewat workshop, webinar, pelatihan dan sejenisnya secara gratis.

Bahkan dengan menggandeng berbagai pihak seperti kementerian, BBGP, hingga Ruang Guru peserta dalam satu kali workshop bisa mencapai ratusan hingga ribuan orang guru.

“Jadi memang kita ingin kerja ikhlas dalam berbagi praktik baik, tujuannya memang untuk membantu guru-guru upgrade kompetensi mengubah paradigma lama menuju paradigma baru,” tegasnya  Baca berita selengkapnya di Tabloid Inspirasi Pendidikan