Khayalan Perahu Kertas untuk Mengirim Pesan ke Neptunus

0
Judul : Perahu KertasPenulis : Dewi LestariPenerbit : PT Bentang PustakaTebal Buku : 556 Hlm

Kepribadian adalah suatu perpadu­an yang utuh antara sikap, sifat, pola pikir, emosi, serta nilai-nilai yang mempengaruhi individu tersebut agar berbuat sesuatu yang benar sesuai de­ngan lingkungannya.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kepribadian adalah faktor historis atau masa lampau dan faktor kontemporer, analoginya faktor bawaan dan faktor lingkungan dalam pembentukan kepribadian individu. Kepribadian yang akan dianalisis adalah kepribadian tokoh utama dalam novel Perahu Kertas karya Dewi Les­tari.

Baca Juga :

Warisan Bapak, Oleh : Satriyo Nanda Albustomi Saputra

Sayap Sayap Patah

Bersyukurlah !, Oleh : Welly Widianti Pribadi

Cerita 4 Saudara

Tokoh adalah individu ciptaan pe­ngarang yang berperan menjadi pelaku yang mengalami peristiwa-peristiwa dalam cerita. Sedangkan tokoh utama adalah tokoh yang memiliki peran penting dalam suatu cerita. Tokoh ini merupakan tokoh yang paling banyak diceritakan, baik sebagai pelaku kejadian maupun yang dikenai kejadian. Tokoh utama dalam novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari adalah Kugy dan Keenan.

Freud membahas pembagian psi-kisme manusia, antara lain yaitu:

  • Id (terletak di bagian tak sadar) yang merupakan reservoir pulsi dan menjadi sumber energi psikis.
  • Ego (terletak di antara alam sadar dan tak sadar) yang bertugas sebagai penengah yang mendamaikan tuntutan pulsi dan larangan superego.
  • Superego (terletak sebagian di bagian sadar dan sebagian lagi di bagian tak sadar) bertugas mengawasi dan menghalangi pemuasan sempurna pulsi-pulsi tersebut yang merupakan hasil pendidikan dan identifikasi pada orang tua.

Struktur kepribadian id, ego, dan superego tokoh Kugy dalam novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari.

Berikut kutipan id tokoh Kugy dalam novel Perahu Kertas karya Dewi Lestari, yaitu:

  • “Kugy kecil lalu berkhayal diri­nya anak buah Dewa Neptunus yang diutus untuk tinggal di daratan. Se­perti mata-mata yang rutin melapor ke markas besar, Kugy percaya bahwa ia ha­rus menulis surat untuk Neptunus dan melaporkan apa saja yang terjadi dalam hidupnya.” (Perahu Kertas, halaman 15)

Pada kutipan data di atas menggambarkan tokoh Kugy yang suka mengkhayal. Pembuktiannya, Kugy berkhayal bahwa dirinya adalah anak buah Dewa Neptunus yang diutus tinggal di daratan dan ia harus menulis surat serta melaporkan apa saja yang terjadi dalam hidupnya pada Dewa Neptunus. Jadi, id yang dimiliki tokoh Kugy adalah suka mengkhayal.

  • “Selain narik becak dan gali kubur, pekerjaanku mengkhayal dan menulis ternyata juga butuh asupan kalori tinggi,” sahut Kugy, lalu mencabut dua pisang susu yang bergantung di sebelah kepalanya.” (Perahu Kertas, halaman 51)  Baca konten lainnya hanya di Tabloid Inspirasi Pendidikan
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News