Tak Bisa Melawan Takdir

0
93
Oleh : Risyad Faiz Sholihin, SMA Negeri 1 Kepanjen

Film yang dibawakan oleh Bayu Skak tidak pernah membuat kecewa penonton, dari Yowisben 1, Yowisben 2, Yowisben 3, Yowisben Finale, dan kali ini Lara ati selalu menarik untuk ditonton, lalu bagaimana alur singkat dari Lara Ati? Nah, Saya akan menceritakan alur dari film Lara ati.

Film ini menceritakan tentang Joko sedang menghadapi kenyataan yang tidak sesuai harapan Joko, dan ia tak menyukai pekerjaannya lalu ada masalah keluarga dengan orang tuanya yang tidak mendukung menjadi desainer.

Lalu Joko bertemu dengan teman masa kecilnya bernama Ayu. dan sama-sama mengalami patah hati karena masalah percintaan. Joko yang ditinggalkan oleh kekasihnya bernama Farah dan Ayu diacuhkan kekasihnya lantaran Ayu pindah ke Surabaya.

Pertemuan Joko dan Ayu de­ngan permasalahan yang hampir sama dalam masalah asmara membuat keduanya jadi akrab kembali, setelah lama terpisah dimasa kecil. Kedekatan keduanya membuat mereka sepakat untuk saling membantu memperbaiki kehidupan cinta dan karier masing-masing, dimu­lai dari Joko ingin mendapatkan kembali Farah yang telah dilamar oleh laki-laki lain.

 

Judul : Lara Ati
                                      Genre : Roman, Komedi, Drama
                                      Penulis : Bayu Skak, Anissa Pandan Sari, Nona Ica
                                      Durasi : 1 Jam 56 Menit

Dalam perjalanan Joko menghadapi kenyataan hidup yang berjalan diluar rencana dan keinginannya, ia juga mendapatkan dukungan dari sahabat sahabatnya, yaitu Cokro, Riki, dan Fadli yang mencoba untuk menghibur Joko dari masalah yang menimpanya.

Jadi, ini mewakili atau mengisahkan apa yang dialami banyak orang ketika mulai memasuki fase dewasa atau kerap dikenal dengan istilah Quarter Life Crisis. Joko menjadi representasi dari sebuah perjuangan seseorang dalam menghadapi tekanan hidup yang dilaluinya, seperti adanya permasalah asmara, karier yang tidak mulus, keluarga dan kehidupan yang penuh tuntutan.

Meski mengangkat kisah yang cukup serius, film ini juga menyuguhkan drama komedi dengan hampir seluruh adegan dituturkan dalam bahasa Jawa yang khas dan kental oleh para pemeran di Film Lara Ati.

Selain itu, lagu-lagu Original Soundtrack dalam film juga menggunakan lagu dengan bahasa Jawa, diantaranya ada Iki Uripku, Jebule Ngapusi, Swara Ati, dan menampilkan lagu yang berjudul Kartoyono Medot Janji. lalu di­nyanyikan langsung oleh sang penyanyi Denny Caknan pada adegan film ini.

Baca Juga :

Dilan Adalah Milikku

Nerd or Model?

Ayahku Bukan Orang Jahat

Banyak yang menyukai film Lara Ati , karena Film ini sangatlah reletebel dimana ceritanya yang sangatlah realistis bagi kehidupan generasi muda masa kini yakni antara problem paksakan dari orang tua, percintaan, dan pertemaman. Dari segi visual ini juara banget karena colour grading, tone warna, dan ambiencenya keren sangatlah berwarna jadi tidak monoton sama sekali.

Amanat yang terkandung sangatlah emosional, salah satunya mencerminkan betapa bimbangnya kita dalam memutuskan sesuatu yang kita tidak tau baik buruknya untuk diri kita sendiri, difilm ini juga dijelaskan secara rinci bagaimana kita menjalani hidup dengan penuh pilihan. Bukan hanya sekedar drama, romance, dan comedy saja yang disajikan dalam film ini, ada juga seni dance musical yg dipadukan dengan musik ala ala Michele Jackson namun liriknya full memakai bahasa jawa.

Dan terakhir ada satu scene yang dimana sang karakter utama yaitu Joko bertarung melawan mons­ter, akan tetapi itu adalah salah satu scene yang menurut saya out side the box banget yakni scene tersebut memakai full CGI Animasi yang kualitasnya hampir selevel film film superhero Hollywood.

Kekurangan dari film ini yakni dari segi cerita yang sangatlah gampang ditebak seperti sereal drama cerita ftv dan sinetron. Ada beberapa karakter tambahan yang muncul dan menurut saya kurang penting, penokohan karakter yang ala kadarnya dan kecepetan, dan konflik percintaan yang gak masuk akal  Baca konten selengkapnya di Tabloid Inspirasi Pendidikan